F1ZR Pengapian C70 | Pengapian Racing F1ZR |
F1ZR Pengapian C70, Pernah dengar atau mau mencobanya ? bisa untuk Balapan Liar, Korek Harian, Korek Full, Drag Race, Grastrack.
Pertama-tama motor F1ZR Racingers harus sudah di korek / porting lubang2 silinder. kalau masih standar percuma melakukan langkah ini.
Oke, langsung saja kita bahas...
Magnet Honda C70
Magnet Honda C70 |
Pertama-tama Racingers harus persiapkan dahu lu magnet honda c70, Racingers bisa cari di pedagang sparepart second di daerah sekitar Racingers.
Harga Magnet Honda C70 bervariatif, Kenbotong mendapatkan harga di daerah kenbotong seharga Rp. 70.000, sangat murah sekali dibanding Magnet Racing F1ZR.
Setelah Racingers mendapatkan Magnet Honda C70, Bawa ke tukang Bubut, untuk di bubut lubang Kruk As Magnet, Karena Lubang Honda C70 lebih kecil dari pada Magnet Bawaan F1ZR.
Racingers jangan bawa magnetnya ke tukang bubut biasa, harus di bawa ke tukang bubut yang biasa membubut magnet atau yang biasa membubut dengan teknik busur, karena harus di setting derajat lubangnya sama persis dengan magnet ori F1ZR.
Spull C70
Spull Honda C70 |
Racingers harus membeli Spull C70, spull c70 bisa di cari second ataupun yang baru, racingers harus menggulung ulang kawat spull dengan menggunakan kawat dinamo ukuran 1mm yang pastinya kawatnya harus yang bagus ya racingers..
Teknik penggulungan mengikuti aslinya, namun racingers harus menambah 5 ~ 10 gulungan dari gulungan standarnya spull c70. sebelum membongkar kawat spull c70 yang asli, racinger harus menghitung setiap gulungannya agar bisa di pastikan penambahan kawat yang baru.
Lebih bagus lagi jika Racingers memakai kawat berdiameter 0.1 mm, beli kawat yang paling bagus dan gulung sampai penuh di angkor tersebut, mulai gulung dari kiri ke kanan, angkor berikutnya kanan ke kiri angkor berikutnya lagi dari kiri ke kanan, minimal 3 angkor ya racingers...
Kenbotong sudah mengupload Cara Gulung Spull C70
Silahkan di lihat videonya ya racingers...
Setelah semua selesai atau sudah siap lanjut ke langkah berikutnya.
Dudukan Spull C70 di Blok Magnet F1ZR
Bagian ini bagian yang paling sulit, Racinger harus membuat dudukan Spull C70 pada Blok Magnet F1ZR. Dudukan yang dibuat harus benar-benar presisi dan pas.Bisa melihat contoh punya kenbotong :
Dudukan Spull C70 di Blok Magnet F1ZR |
Jika Sudah dibuat dudukanya, sekarang racinger patut mencoba apakah sudah presisi atau belum, jika belum ubah lagi agar benar-benar presisi.
CDI Suzuki RC100
CDI Susuki RC100 |
Jika semua sudah selesai, Racinger harus membeli CDI Susuki RC100 yang memiliki 3 kabel yaitu :
Hitam-Putih = Grounding
Biru-Putih = Ke Coil F1ZR
Merah Hitam = Ke Spull (warna Merah Kuning)
Jika sudah siap mari ke langkah selanjutnya...
Mencari TOP Pengapian F1ZR di Magnet C70
Setalah semua sudah siap, bagian ini yang paling teramat sulit.Racingers harus mencari TOP yang sangat pas.
Jika Di Gas F1ZR Racigner tidak pas TOP Pengapiannya, maka gejala yang akan pasti akan ngeberebet alias tidak ada tarikan.
Putarlah ke kiri atau ke kanan Spull C70 sampai ketemu titik pengapian yang pas atau TOP yang pas.
Hasil Bisa dilihat dalam video ini :
Demikian Tutorial tentang F1ZR Pengapian C70 | Pengapian Racing F1ZR
Jika Racingers mempunyai pertanyaan atau sudah mentok setang seting pengapian, silahkan berkomentar disini.